Hi, here's my first topic about holiday destination. Liburan kali ini sebenarnya bukan benar-benar liburan karna hanya bentuk self appre...

Holiday Destination : Semarang ( Only 500k )

/
0 Comments
Hi, here's my first topic about holiday destination. Liburan kali ini sebenarnya bukan benar-benar liburan karna hanya bentuk self appreciation setelah bekerja keras hehe. Untuk liburan yang secukupnya saja, saya memilih destinasi wisata ke Semarang. Saat di Semarang saya menghabiskan waktu 3 hari 2 malam. Lets check the details!

1. Akomodasi


Akomodasi dari Jogja ke Semarang menggunakan bus Nusantara, waktu itu dapat saran dari teman kantor, harganya Rp 45.000,00 dan tidak perlu pesan dari 1 hari sebelumnya karna busnya ada tiap 30menit sekali, jadi santai saja.

Transportasi selama liburan lebih disarankan memakai transportasi ojek online, kalau ingin nyaman sekalian pakai Go Car atau Uber. Jarak dari Terminal Bayangan Sukun tempat saya turun terhitung jaauh dari hotel sehingga waktu menggunakan Go Car bisa menghabiskan Rp 34.000,00 :( Kalau bolak balik tempat wisata dalam kota Semarang kira-kira hanya menghabiskan Rp 10.000,00 - Rp 12.000,00 dengan Go Car.



Akomodasi dari Semarang ke Jogja hanya asal asalan karna tidak bemar benar tahu cara pesen tiket bus di Terminal Sukun itu di sebelah mana! Sewaktu itu hanya ikut-ikut kondektur bus Ramayana yang teriak teriak bilang ke Jogja. Sangat menyesal ikut sembaramg masuk bus karna tidak bisa pilih tempat duduk dan saya sialnya mendapatkan tempat duduk paling belakang (padahal paling bisa mabuk kendaraan darat)


2. Hotel


Hotel tempat saya menginap ada di CandiView Hotel. Hotel bintang dua ini terletak di Jalan, Semarang. Kira-kira 34 menit dari Terminal Bayangan Sukun. Hotelnya sangat besar ( karna mungkin tanah di Semarang luas luas jadi bangunan besar disini biasa dan banyak). Saya memesan tipe kamar Superior Double Bed (no breakfast, no window) seharga Rp 260.000,00/per malam via Traveloka. Waktu masuk ke kamarnya kaget karna kamarnya kelewat luas. Seperti ruangan belum selesai pindah karna sangat minim perabotan dan gelap. 



Oleh karena kurang nyaman, saya memutuskan (dengan berat hati) pindah ruangan ke Deluxe Room (no breakfast, plus window) pada hari kedua karna tidak betah dengan kondisi kamar yang gelap. Waktu itu cukup menambahkan biaya Rp 75.000, kalau ingin ada balkonnya tambah biaya Rp 100.000,00.

Kamar yang kedua sama saja dengan jenis kamar pertama, bedanya lebih terang karna ada 2 jendela di ruangan ( 1 dekat dengan tempat tidur dan 1 didepan meja minum dekat dengan kamar mandi).

3. Wisata


Destinasi pertama saya adalah Klentheng Sam Po Kong. Rasanya tidak lengkap tanpa berkujung ke destinasi mainstream ini di Semarang.
Tarif masuk sampai halaman Rp 5.000,00 (cocok untuk duduk-duduk saja sambil bawa makanan)
Tarif masuk beserta klenthengnya Rp 10.000,00/ per orang. Tapi sedikit kecewa karna di klenthengnya tidak boleh foto-foto dan hanya masuk untuk berdoa.



Destinasi mainstream kedua adalah lawang sewu. Lawang sewu lebih seperti museum kereta api dengan beberapa miniatur kereta dan sejarah perkeretaapian di Semarang. Sangat menyenangkan karena ada beberapa spot foto khusus untuk pengunjung. Tiket masuk Rp 10.000,00/orang
Kemudian ada Klenteng Tay Kak Sie, lumayan jauh dari hotel. Tapi untuk penggemar babi, silakan datang kesana untuk sekalian beli Lumpia Gang Lombok. Tiket masuk ke klengtengnya gratis. Tapi tidak saya rekomendasikan ya karna ini bukan tempat wisata tetapi lebih ke tempat berdoa.
Destinasi terakhir saya adalah kota Tua dan Taman Srigunting. Pada Taman Srigunting yang terletak di  Jl. Letjen Suprapto, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang,Sahabat JalankeHotel dapat menemukan beberapa becak mainan yang diparkir di taman dan spot foto lucu lainnya sembari menunggu jemputan. Pada bagian samping taman Srigunting ada Gereja Blenduk. Keistimewaan gereja ini hanya bangunannya yang unik dan beberapa dekorasi tua. Tapi hanya bisa foto-foto dan keliling di lantai satu. Dengan harga Rp10.000,00/orang yang hanya foto-foto dalam hitungan menit saya tidak rekomendasikan ke destinasi wisata ini.


4. Kuliner

Saya mencoba makanan mainstream di Semarang yaitu Lumpia Gang Lombok. Harganya Rp 15.000,00 yang digoreng atau dikukus atau bisa juga dibungkus untuk dibawa pulang. Disarankan take away saja karena tempatnya kurang nyaman. Di samping lumpia juga ada Mie Ayam Babi seharga Rp 25.000.

Untuk oleh-oleh khas Semarang lainnya silakan beli Moaci Semarang (sejenis mochi tapi ditaburi wijen) ada rasa original dan  berbagai macam rasa buah-buahan. Harga untuk ukurang sedang dan moaci polos Rp 17.000,00 untuk moaci rasa buah-buahan (yang saya beli) seharga Rp 21.000,00 
Untuk makan siang saya memesan Richeese Factory Combo Fire Wing seharga kurang lebih Rp 34.000,00. Richeese Factory cuma 7 (tujuh) menit dari hotel ❤sedangkan untuk makan malam karena saya malas keluar hotel lagi akhirnya order Go Food yaitu Mie Goreng Babi Cabai Asin
dari Babi Metropolitan seharga Rp 30.000,00. Kalau makan di tempat juga bisa, Babi Metropolitan terletak di Jl. Imam Bonjol No.131, Pindrikan Lor, Semarang Tengah, Kota Semarang. Akan tetapi saya tidak merekomendasikan makan di tempat karna tempatnya sempit dan tidak kelihatan dari jalanan besar (sempat membuat bingung abang Go-Car) silakan take away saja.

Demikian liburan 3 hari 2 malam di Semarang! Belum dapat mencicipi semua kuliner bahkan destinasi wisata karena banyak sekali dan jaraknya jauh-jauh 😔 Berikut adalah list Paket Hemat liburan di Semarang :



  1. Hotel                                               Rp  297.500,00 (harga sudah dibagi dua ya sama partner)
  2. Go-Car                                            Rp 90.000,00 (harga sudah dibagi dua ya sama partner)
  3. Sam Po Kong                                  Rp 10.000,00
  4. Lawang Sewu                                 Rp 10.000,00
  5. Gereja Blenduk                               Rp 10.000,00
  6. Moaci Rasa Buah                            Rp 21.000,00
  7. Lumpia Gang Lombok                    Rp 15.000,00
  8. Mie Goreng Babi Cabai Asin          Rp 30.000,00
  9. Richeese Factory Combo FireWingRp 34.000,00

Total price is Rp 517.500! Sebenarnya lebih sedikit sih haha! Seperti makan siang dan makan pagi yang tidak saya masukkan ke daftar harga karna memang seharusnya sudah dipersiapkan, tapi tenang saja di dekat daerah CandiView Hotel ada warung makan prasmanan yang menjual nasi merah, tempe, tahu goreng, telur goreng, ayam dan segala macam dengan harga dibawah Rp 15.000,00
Selamat menikmati liburan sahabat JalankeHotel! Jangan lupa persiapkan budget dan survey harga tiket wisata dan makanan di destinasi wisata kalian! ❤
                                                          








You may also like

Tidak ada komentar:

Populer Post